Posted by : Unknown Sabtu, 15 Juni 2013



tempoyak,,mungkin kata yang asing buat anda ya sob??? kalau gitu admin jelasin ni sob apa itu tempoyak,,, :)
tempoyak itu salah satu makanan khas jambi nih,,,,rasa nya t enak banget sobb,,,
 Jika Kawan-kawan tinggal di Jambi, saya yakin mengetahui makanan ini.
Para penjual tempoyak banyak dijumpai pada saat musim durian tiba. Hal ini dikarenakan tempoyak terbuat dari durian yang disimpan dalam waktu tertentu. Setelah durian dipisah dari bijinya, biasa disimpan di dalam botol atau tempat tertutup beberapa hari, dengan kata lain durian tersebut difermentasi. Setelah itu baru siap dibuat menjadi masakan yang lezat. Rasanya sangatlah mengundang selera. Tidak ada orang asli Jambi yang tidak pernah mencicipi makanan dari asam durian ini.
Tempoyak memiliki jenis yang beragam (sesuai dengan selera), seperti, tempoyak gurame, tempoyak udang, tempoyak gurame, tempoyak patin, dengan bahan dasar yang dicampur durian, namun tastednya begitu memuaskan selera. Tempoyak bisa digunakan untuk membuat berbagai menu seperti gulai-gulai tempoyak yang cukup terkenal dan menjadi menu utama beberapa restoran dan rumah makan yang menjajakan masakan khas Jambi.
ini adalah durian yang telah difermentasi dan menjadi tempoyak
Wah…wah apalagi tempoyak dipadu dengan salah satu ikan favorite Propinsi Jambi yaitu ikan sema yang hidup di perairan deras bagian barat propinsi jambi. Biasanya ikan sema ini dahulu kala santapan untuk raja-raja di propinsi jambi. Raja-raja saja senang sobat apa lagi kita. Tempoyak juga bisa dibuat sambal, loh. Jadi bila dibuat sambal, namanya sambal tempoyak. Ini dia foto-foto masakan tempoyak khas Jambi… Jadi laperrrrr nih hehehe.
Ini adalah tempoyak ikan patin kesukaan saya
Tempoyak jika dibuat sambal akan seperti ini…Yummy…

link lebih lengkap nya di sini,,

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Translate

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © pariwisata provinsi jambi -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -